SURAT PEMBACA
Surat
Pembaca adalah surat yang ditulis oleh
pembaca surat kabar/koran, tabloid, majalah atau media online, yang ditampilkan
pada media penyampain informasi tersebut.Isi dari contoh surat pembaca ini
adalah tanggapan, kritik, saran, keluhan, ajakan, imbauan, ucapan terima kasih,
dan lain-lain.
Pada umumnya surat pembaca ini lebih
banyak berisi keluhan. Nah, tujuan dari surat pembaca ini biasanya adalah untuk
menyampaikan keluhan tersebut ke pihak yang bersangkutan.
Keluhan tersebut bisa berisi tentang
ketidakpuasan terhadap suatu layanan yang diberikan oleh perusahaan. Sebagai
penerima surat pembaca yang baik, seharusnya pihak yang merasa bertanggung
jawab atas keluhan pada surat pembaca tersebut menanggapi dengan serius. Karena
ini akan berpengaruh pada citra dan nama baik.
Contoh Surat Pembaca serta Tanggapan
SURAT PEMBACA
Pesanan Barang Belum Sampai
Pada tanggal 5 Desember 2017, saya
melakukan pesanan di BlaBla.ID dengan detail barang Headset Gaming NYK
nomor pesanan 223546448 dan oleh BlaBla.ID dikirim melalui kurir JXpress. Pada tracking
pesanan di BlaBla.ID tanggal 9 Desember 2017 tertulis, "Paket keluar DC
Marunda, kirim ke Bekasi, operator JX-Indonesia", yang artinya barang
sedang dalam pengiriman ke alamat saya di Bekasi oleh kurir JXpress.
Namun sampai surat pembaca ini
dibuat tanggal 27 Desember 2017 barang belum juga saya terima. Padahal
berdasarkan konfirmasi Customer Service BlaBla.ID standar maksimal pengiriman
ke Bekasi adalah 4 hari kerja. Berkali-kali saya hubungi BlaBla.ID melalui
Twitter, fitur live chat dan via telepon namun hasilnya tetap tidak ada
kejelasan. Disuruh menunggu untuk dicek oleh pihak terkait.
Saya juga sudah minta pembatalan
namun pihak BlaBla.ID tidak memproses pembatalan saya karena alasannya selalu
mau cek ke pihak terkait terlebih dahulu. Mohon jika memang barang saya sudah
tidak bisa dilacak agar dibatalkan pesanan saya dan kembalikan uang saya karena
ini sudah terlalu lama.
Gielbha
Rizky P.U
Perumahan Alinda Kencana Permai, Blok K4 No. 08
RT 007/ RW 021 Kaliabang Tengah, Bekasi Utara.
TANGGAPAN
Pesanan
Barang Belum Sampai
Menanggapi surat keluhan yang
ditujukan pada kami oleh Bapak Gielbha Rizky P.U pada 27 Desember 2017 di
halaman ini, kami dari BlaBla.ID telah menghubungi konsumen untuk menjelaskan
kondisi yang sebenarnya.
Perlu kami informasikan bahwa pesanan
Bapak Gielbha mengalami kendala saat proses pengiriman. Untuk hal ini, kami
menyampaikan permohonan maaf pada Bapak Gielbha atas pengalaman yang kurang
menyenangkan. Kami telah menawarkan beberapa alternatif solusi kepada konsumen
dan konsumen memilih untuk melakukan refund melalui kartu kredit miliknya
dengan estimasi 7-14 hari kerja sesuai ketentuan bank penerbit kartu kredit.
Per hari Jumat (29/12), dari pihak kami telah memproses pengembalian dananya
kepihak bank, Bapak Gielbha juga telah kami hubungi untuk sekaligus
mengonfirmasi hal ini. Dengan demikian permasalahan ini dianggap selesai.
Kami ucapkan terima kasih atas
perhatiannya. BlaBla.ID selalu berkomitmen menghadirkan pengalaman berbelanja
dari yang menyenangkan dan memberikan layanan prima kepada para pelanggan
BlaBla.ID di seluruh Indonesia.
Terima kasih.
Yudhistira - Head of Customer Service
Sign up here with your email
ConversionConversion EmoticonEmoticon